Meminimalisir Volume Penumpang Commuter Line Jabodetabek

Posted by Mr. AGC on Selasa, 29 November 2016

Meminimalisir Volume Penumpang Commuter Line Jabodetabek - Saya adalah salah satu pengguna jasa KRL Commuter Line Jabodetabek. Hampir setiap hari baik berangkat maupun pulang kerja, saya selalu menggunakan CL sebagai alat transportasi alternatif untuk pergi kekantor. Lokasi tempat saya bekerja berada di Jakarta selatan. Saya berangkat dari stasiun Citayam dan turun di stasiun Tanjung barat. 

Meminimalisir Volume Penumpang Commuter Line Jabodetabek


Rutinitas pemandangan yang saya lihat setiap pagi hari ketika menunggu pemberangkatan kereta adalah lonjakan penumpang yang berusaha masuk kedalam gerbong kereta demi mengejar waktu agar tidak telat masuk kantor. Berdesak-desakan, menjadi sarapan setiap hari bagi saya dan pengguna jasa CL lainnya, bagaimana tidak hal ini sudah menjadi hal yang biasa ketika kita naik kereta.  


Masih banyak juga saya lihat ketidak pedulian pengguna jasa CL terhadap adanya bangku atau kursi prioritas yang diperuntukkan ibu hamil, ibu membawa balita, lansia dan pengguna disabilitas. 

Meminimalisir Volume Penumpang Commuter Line Jabodetabek

Ada beberapa solusi yang mungkin ini sangat baik dan menjadi sarana efisiensi untuk kemajuan dan perkembangan jasa perkereta-apian di Indonesia khususnya pengguna jasa Commuter line Jabodetabek, yuk disimak!

Sediakan Petugas Bangku Prioritas 

Sediakan petugas di tiap-tiap sudut bangku prioritas , hal ini gunanya untuk meminimalisir pengguna jasa CL yang tidak di prioritaskan untuk duduk di bangku prioritas. jika ada yang sengaja duduk petugas berhak menegur. Sehingga hal ini bisa sedikit menghargai pengguna jasa berkebutuhan khusus.

Buat Jadwal Pemberangkatan Khusus Untuk Stasiun Tertentu

Untuk meminimalisir lonjakan volume penumpang CL khususnya pada saat jam hari kerja, dari arah Stasiun Bogor menuju Jakarta baiknya jadwal pemberangkatan kereta dibuat jadwal pemberangkatan khusus dari tiap stasiun yang memiliki potensi lonjakan penumpang. Misalnya dari stasiun Bogor, buat jadwal CL pemberangkatan khusus, rangkaian tidak lagi berhenti di stasiun-stasiun yang memiliki potensi lonjakan penumpang  seperti stasiun citayam, stasiun depok baru dan stasiun pondok cina.  3 stasiun ini adalah stasiun yang menurut saya memiliki potensi lonjakan penumpang yang sangat tinggi pada jam hari kerja. sehingga hal ini juga akan berdampak kepada keselamatan penumpang krl commuter line dan keretapun tidak akan lagi mengalami kerusakan baik itu anjlok atau rel patah. 

2 hal pokok penting diatas yang sangat saya harapkan untuk bisa diterapkan oleh pihak PT KAI commuter line Jabodetabek. semoga transportasi commuter line ini menjadi alat transportasi masyarakat yang bisa membawa kenyamanan saat perjalanan. 

Jika ada komunitas atau grup commuter line yang sedang baca artikel blog saya ini, sangat dihaturkan untuk saya bisa di ikutsertakan kedalamnya. atau bisa WA saya di 085717333707 semoga menjadi silaturahim yang baik sesama pengguna jasa CL Jabodetabek. 

Demikian artikel mengenai Meminimalisir Volume Penumpang Commuter Line Jabodetabek semoga bermanfaat ya!


Blog, Updated at: 09.22

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.