Tempat/Lokasi Wisata Rekomendasi Terbaik Tahun 2017

Posted by Mr. AGC on Selasa, 01 November 2016

Tempat/Lokasi Wisata Rekomendasi Terbaik Tahun 2017 ada kesempatan ini SoMed akan berikan informasi yang ada di kota pekanbaru, meskipun SoMed belum pernah kesana tapi bisa di pastikan tempatnya bakalan indah dan mempesona mata dan kamu juga bisa menjadikan beberapa tempat ini sebagai objek tempat lokasi foto-foto yang bagus yang ada di daerah pekanbaru.




1. Objek Wisata Keluarga Riau Fantasi

Riau fantasi merupakan tempat wisata di Pekanbaru yang paling terkenal. Riau fantasi menjadi destinasi wisata favorit anak-anak dan keluarga untuk menghabiskan waktu liburna mereka.

Wahana ini merupakan yang paling besar dan lengkap di Sumatera. Jika anda ingin liburan ke Pekanbaru maka Riau Fantasi jangan sampai terlewatkan.

Dengan luas kurang lebih 6,5 Ha, Labersa Water and Theme Park ini memiliki beberapa jenis kolam dan papan seluncur air misalnya saja Adventure Pool. Di kolam ini terdapat beberapa menara yang dihubungkan dengan jembatan goyang. Ada juga sebuah ember raksasa menggantung yang mampu menampung 3.000 liter air dan siap mengguyur Anda saat telah terisi penuh. Selain itu, ada kolam dewasa dengan kedalaman 1,5 meter dan kolam anak dengan kedalaman 30 cm dilengkapi pancuran air untuk bermain.

Untuk wahana keringnya, ada berbagai permainan yang menguji adrenalin seperti kora-kora, sky tower, wave blaster, speedy coaster dan family swinger. Jika ingin permainan yang lebih santai, Anda bisa mencoba komedi putar dan kereta wisata. Fasilitas pendukung di tempat wisata ini selain mushola, toilet dan kafetaria adalah gazebo dan free WiFi.

Riau Fantasi terletak di Jalan Labersa atau seitar 45 menit dari pusat kota Pekanbaru. Untuk bisa menikmati wahana-wahana yang ada, Anda harus membayar sebesar 60.000 Rupiah pada hari Senin – Jumat dan 70.000 Rupiah pada hari Sabtu – Minggu.

2. Tempat Rekreasi Kebun Binatang Sang Kulim

Wahai istri, suami turun 56 kg, 3 minggu! Sebelum tidur, tambahkan air panas...Wahai istri, suami turun 56 kg, 3 minggu! Sebelum tidur, tambahkan air panas...Berat turun 63 kg! Turun 12 kg di minggu pertama. Pagi hari saat perut kosongBerat turun 63 kg! Turun 12 kg di minggu pertama. Pagi hari saat perut kosongCaraku turun berat. -56kg, 3 minggu itu mungkin! Sebelum tidur, minum segelas...Caraku turun berat. -56kg, 3 minggu itu mungkin! Sebelum tidur, minum segelas...Lemak perut akan hilang dalam beberapa hari jika sebelum tidur Anda...Lemak perut akan hilang dalam beberapa hari jika sebelum tidur Anda...

Objek wisata di Pekanbaru yang terkenal lainnya adalah kebun Binatang Sang Kulim. Tempat rekreasi keluarga ini memiliki luas sekitar 10 ha dengan berbagai koleksi hewan seperti monyet, burung, ular, landak dan masih banyak lagi.

Selain mengamati koleksi binatang, ada arena bermain anak-anak seperti papan seluncur, ayunan dan juga kolam pancing dan kolam renang anak. Jika beruntung, Anda juga bisa naik gajah dengan biaya 10.000 Rupiah per 10 menit.

Jangan lewatkan 31 Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Menarik Dikunjungi

Kebun Binatang Sang Kulim bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dari pusat kota Pekanbaru. Harga tiket masuk ke kebun binatang hanya 20.000 Rupiah untuk pengunjung dewasa dan 10.000 Rupiah untuk pengunjung anak-anak.

3. Destinasi Wisata Danau Buatan Lembah Sari

Objek wisata di Pekanbaru yang tidak kelah menarik yang selanjutnya adalah danau lembah Sari. Danau ini merupakan danau buatan yang berlokasi Desa Limbungan yang berjarak 10 km dari pusat kota Pekanbaru. Pada awalnya, danau ini adalah sebuah bendungan irigasi yang digunakan untuk mengalirkan air ke sawah-sawah warga sekitar. Sampai kemudian, bendungan buatan ini dijadikan salah satu tempat wisata di Pekanbaru.

Dikelilingi perbukitan, tempat wisata keluarga ini cocok digunakan untuk piknik karena ada banyak pepohonan dan udaranya sejuk. Selain menggelar tikar dan piknik, Anda bisa menyewa perahu dayung dan sepeda air untuk berkeliling danau.

4. Objek Wisata Taman Rekreasi Alam Mayang

Taman rekreasi alam mayang merupakan tempat wisata alam di Pekanbaru yang selalu ramai saat akhir pekan tiba. Dengan konsep berwisata di alam terbuka membuat taman ini sangat asyik dijadikan teman rekreasi bersama keluarga saat akhir pekan tiba.

Taman ini dikelilingi perbukitan, udara sekitarnya sejuk sehingga cocok digunakan untuk bersantai bersama keluarga. Dari sini, Anda juga bisa melihat Jembatan Leighton yang melintasi Sungai Siak.

Di sini, terdapat tiga buah kolam pancing yang bisa digunakan untuk memuaskan kegemaran memancing Anda. Tak jarang tempat wisata di Pekanbaru ini dijadikan lokasi pertandingan memancing yang diadakan pemerintah setempat. Selain memancing, Anda bisa mencoba flying fox dan berbagai kegiatan outbound lainnya. Untuk kegiatan yang lebih santai, ada sepeda air dan bola air raksasa yang bisa Anda sewa.

Jika membawa anak-anak, ada arena mandi bola, taman bermain anak dan studio film 3D di tempat wisata seluas 24 hektar ini. Ada juga topeng monyet dan pertunjukan sulap badut yang menghibur Anda dan keluarga.

Taman Rekreasi Alam Mayang buka setiap hari pada mulai jam 08:00 sampai 18:00 dengan harga tiket masuk 20.000 Rupiah per orang.

5. Tempat Wisata Seru Istana Siak Sri Indrapura

Pekanbaru juga memiliki istana yang menarik untuk kita datangi. Istana Siak merupakan pusat pemerintahan kesultanan Siak masa lampau. Istana ini menjadi saksi perkembangan Islam di Tanah Riau. Kesultanan Siak yang merupakan kerajaan Islam terbesar di Riau pada abad ke-16 sampai ke-20. Istana ini disebut juga dengan Istana Asherayah Al Hasyimiyah.

Istana dibangun pada tahun 1889 oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin. Bangunan utama mengadopsi gaya arsitektur Eropa, Arab dan Melayu. Tempat berlantai dua ini tampak megah meskipun telah lebih dari 100 tahun berdiri. Pada lantai satu, Anda bisa melihat koleksi kerajaan seperti patung perunggu Ratu Wilhelmina dari Belanda dan patung Sultan Syarif Hasyim I yang terbuat dari batu pualam berhiaskan berlian. Ada juga sebuah gendang yang berusia lebih dari 200 tahun. Gendang ini terakhir kali dibunyikan pada tahun 1914 saat pelantikan Sultan Syarif Kasim II.

Di lantai dua yang dahulu merupakan kamar sultan dan kamar tamu kerajaan ini sekarang berisi koleksi senjata pusaka milik sultan. Selain itu ada lukisan Napoleon Bonaparte yang dikirim langsung dari Perancis. Banyaknya benda koleksi sultan yang berasal dari Eropa ini membuktikan bahwa pada zaman dahulu, Kesultanan Siak telah menjalin kerjasama internasional.

Untuk bisa melihat koleksi di sini, Anda diharuskan membayar tiket masuk sebesar 3.000 Rupiah. Tak hanya itu, untuk bisa masuk ke bangunan utama, Anda juga harus melepaskan alas kaki karena dikhawatirkan akan merusak lantai granit istana.

6. Objek Wisata Religi Masjid Agung An Nur 

Masjid An Nur menjadi masjid termegah di Pekanbaru, dengan gaya ala melayu, Arab, Turki dan India, membuat masjid ini begitu eksotis dan gagah,

Bangunan berukurang 50 x 50 meter ini kini menjadi salah satu ikon Pekanbaru dan sering disebut sebagai Taj Mahal-nya Pekanbaru. Di depan masjid ini terdapat kolam yang menambah keindahan masjid ini.

Masjid terdiri dari 3 lantai dengan dominasi warna hijau ini mampu menampung sebanyak 4.500 orang jamaah. Masjid Agung An Nur memiliki 5 buah kubah dan empat menara. Pada malam hari, masjid tampak sangat cantik dengan cahaya lampu warna-warni yang memantul di kolamnya. Yang menarik adalah adanya fasilitas free WiFi di sini.

Selain menjadi rumah ibadah, masjid ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Pekanbaru yang banyak dikunjungi. Pada bulan ramadhan, kawasan masjid akan dijadikan lokasi ngabuburit dan dipenuhi pedagang makanan dan pakaian. Sambil menunggu waktu berbuka, Anda bisa belanja berbagai kuliner dan aksesoris seperti kopiah, tasbih, parfum dan masih banyak lagi.

7. Tempat Wisata Edukasi Perpustakaan Soeman H.S

Jika anda berwisata bersama anak-anak dan keluarga jangan lupa untuk mengunjungi perpustakaan Soeman H.S. Lokasinya ada di Jalan Jenderal Sudirman 462, Pekanbaru. Anda tak dipungut biaya untuk bisa masuk ke tempat wisata di Pekanbaru ini. Perpustakaan buka setiap hari Senin – Jumat pada pukul 08:00 – 17:00 dan hari Sabtu – Minggu pada jam 09:00 – 14:00.

Uniknya, bangunan perpustakaan ini berbentuk seperti rehal atau papan alas untuk membaca Al Quran. Perpustakaan Soeman H.S terdiridari enam lantai dan memiliki berbagai fasilitas pendukung mulai dari mushola, kafe, kantin, ruang pertemuan sampai auditorium. Ada juga ruangan khusus untuk literatur budaya Melayu. Perpustakaan ini disebut memiliki koleksi literatur budaya Melayu terlengkap di Indonesia.

Perpustakaan ini tak hanya untuk orang dewasa. Silakan bawa anak-anak ke tempat wisata edukasi ini. Di sini, ada Children Library dan Kids Corner yang sangat memanjakan anak-anak. Tak perlu memiliki kartu keanggotaan untuk bisa membaca koleksi buku di sini. Anda bebas membaca buku di sofa atau lesehan, ruang baca sangat nyaman karena dilengkapi dengan AC dan akses internet gratis.

8. Wisata Sejarah di Masjid Senapelan

Masjid Senapelan merupakan peninggalan kesultanan Siak masa lalu. Masjid ini masih terkelola dengan baik. Masjid ini juga memiliki nama Masjid Raya Pekanbaru, dibangun pada tahun 1762 dan merupakan salah satu masjid tertua di Riau. Pada awal dibangun, masjid ini berukuran kecil dan terbuat dari kayu. Saat ini, Anda bisa melihatnya sebagai sebuah masjid megah didominasi warna kuning khas Melayu dan berkubah besar. Setelah direnovasi, ukuran masjid saat ini mencapai 60 x 80 meter.

Dahulu, di masjid ini terdapat sebuah sumur tua yangairnya dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Konon, sumur ini sampai terdengar ke negeri tetangga dan membuat wisatawan dari Singapura, Brunei Darussalam dan Malaysia datang untuk membuktikannya. Sekarang sumur telah ditutup karena beberapa alasan.

9. Tempat Wisata Belanja Pasar Bawah

Anda ingin berbelanja? Nah, salah satu tempat wisata belanja di Pekanbaru yang tidak boleh anda lewatkan adalah pasar bawah.

Pasar ini menjadi ikonnya kota Pekanbaru, dan tidak lengkap rasanya berkunjung ke Pekanbaru tanpa mampir di Pasar bawah ini. Pasar Bawah merupakan pasar tradisional tertua di Pekanbaru yang terdiri dari empat lantai. Bangunan pasar ini merupakan perpaduan dari budaya Melayu dan Tionghoa. Terletak di tepi Sungai Siak dan dekat dengan pelabuhan membuat pasar ini mudah untuk diakses.

Pasar Bawah saat ini telah menjadi salah satu tempat wisata di Pekanbaru yang wajib dikunjungi setiap wisatawan yang datang. Di sini, Anda bisa menemukan aneka keramik dari Cina, karpet dari Timur Tengah dan barang-barang elektronik secondhand dari luar negeri seperti Singapura dan Malaysia yang masih layak pakai. Anda juga bisa menemukan beragam camilan khas Pekanbaru seperti lempuk durian, ikan salai, dodol kedondong bahkan cokelat dan permen dari negeri tetangga.

10. Wisata Belanja Oleh-Oleh Dekranasda

Satu lagi tempat berbelanja di Pekanbaru g terkenal dan harus kita kunjungi, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda). Disini anda bisa menemukan aneka oleh-oleh khas di Pekanbaru. Di kota ini, Dekranasda memasarkan produknya di beberapa lokasi strategis misalnya di Jalan Sisingamangaraja dan Jalan Durian.

Di toko-toko binaan Dekranasda ini, Anda bisa membeli berbagai suvenir untuk oleh-oleh seperti kain songket, tenun, batik dan aneka kerajinan tangan dari kayu khas Melayu. Harga yang ditawarkan pun beragam mulai dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah.

11. Objek Wisata Sejarah Museum Sang Nila Utama

Kalau anda mau melihat benda-benda kerajinan, seni dan peninggalan masa lampau anda bisa mengunjungi museum Sang Nila Utama. Lokasinya ada di di Jl. Jendral Sudirman Pekanbaru. Di museum ini tersimpan berbagai aneka koleksi benda-benda sen dan budaya seperti pakaian adat, permainan rakyat seperti alat-alat musik dari berbagai daerah di Riau, gasing, dan benda-benda bersejarah provinsi Riau yang lainnya.

12. Tempat Wisata Alam Air Terjun Aek Martua

Nama air terjun ini sangat unik sekali ya, air terjun mertua. Lokasinya ada di Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Hulu Rokan, Provinsi Riau.

Nama Aek Martua sendiri diambil dari bahasa daerah salah satu suku di Riau, yakni suku Batak Mandailing, yang berarti air bertuah. Terbukti sedikit aneh, sebab bahasa yang dipakai bukanlah bahasa dari suku mayoritas di Riau yakni suku Melayu. Tetapi semua itu tak mengherankan, sebab terbukti warga yang bermukim di dekat air terjun tersebut mayoritas dari suku Batak Mandailing. Sehingga tak mengheran jika nama Aek Martua diambil memakai bahasa suku Batak Mandailing.

Yang membuat air terjun ini menarik untuk kita kunjungi adalah karena terdapat tiga tingkatan. Setiap tingkatan mempunyai ukuran dan ketinggian yang berbeda-beda. Ketinggian tersebut berkisar antara 15 meter hingga dengan yang paling atas mencapai 40 meter. Dengan adanya keunikan dan keistimewaan tersebut, menjadikan tak sedikit wisatawan menyebut Air Terjun Aek Martua dengan sebutan Air Terjun Tangga Seribu.

13. Liburan Seru ke Anjungan Seni Idrus Tintin 

Anda pecinta karya seni? Nah kalau iya berarti anda harus berkunjung ke Anjungan Seni Idrus Tintin. Bangunannya berciri khas Melayu ini menjadikannya lebih mirip seperti istana.

Asal muasal nama anjungan seni ini adalah seorang seniman tersohor di Riau, Idrus Tintin. Beliau adalah seorang seniman yang mendapat penghargaan Anugrah Sagang, yang merupakan penghargaan seni paling bergengsi yang ada di Tanah Lancang Kuning. Gedung seni ini terdiri dari tiga lantai yang interior dalam ruangannya pun tak kalah menarik dari eksteriornya. Obyek wisata yang sempat menjadi tempat diadakannya perhelatan seni Indonesia, Festival Film Indonesia di tahun 2008 ini menjadi sebuah ikon seni Pekanbaru di mana pengunjung biasa berfoto atau duduk-duduk santai di sekitarnya.

14. Objek Wisata Alam Air Terjun Guruh Gemurai 

Selain ari terjun aek mertua, ada juga air terjun guruh gemurai yang berlokasi di kabupaten Kuantan Singingi, Pekanbaru. Air terjun ini cukup populer di Pekanbaru. Air terjun ini memiliki dua aliran, air terjun ini memiliki suara yang bergemuruh.

Bagi Anda yang berkunjung ke Pekanbaru, tentunya tidak lengkap jika Anda tidak mengunjungi tempat wisata di Pekanbaru ini. Selain air terjun, pemandangan di sekitar juga sangat menarik.

15. Destinasi Wisata Desa okura 

Pemerintah kota Pekanbaru menjadikan sebuah desa sebagai desa wisata yang menarik untuk kita kunjungi, namanya desa Okura. Sebenarnya Okura merupakan kelurahan, namun agar lebih menarik dan mudah, disebut saja sebagai desa Wisata okura.

Kelurahan Okura berada di pinggiran yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Siak dan Kabupaten Pelalawan, Riau, memiliki kawasan agrowisata dengan aneka tumbuhan produktif. Selain itu, di Kelurahan Okura juga terdapat aliran Sungai Siak yang dapat dijadikan sebagai obyek memancing bagi pelancong atau warga pada akhir pekan.

Pihak Pemkot Pekanbaru telah melakukan penataan di Okura seperti jalan masuk, areal perkampungan penduduk dan jembatan yang menghubungan Okura dengan Kabupaten Siak.

16. Liburan ke Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim

Satu lagi tempat rekreasi keluarga di Pekanbaru yang tidak boleh anda lewatkan, Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim. Taman ini selalu ramai dikunjungi pada akhir pekan.
Tempatnya yang sejuk dan udara yang segar sangat cocok untuk anda yang ingin mendapatkan suasana hati yang tenang. Lokasi taman ini berada sekitar 23 km dari pusat Kota Pekanbaru ini Sekilas, jalan lurus menurun terlihat sepi, namun, menyeruak ke dalam, ada ribuan orang sedang menikmati suasananya yang tenang dan tenteram.

Ada banyak wahana yang bisa kita mainkan disini. Bagaimana? Anda tertarik? Silahkan datang kesini.

17. Objek Wisata Seru Sungai Kampar Pekanbaru Riau

Berselancar ternyata tidak hanya di pantai saja, di sungai juga bisa kok. Nah, untuk kamu yang hobi berselancar kamu harus cobain sensai berselancar di sungai Kampar. Lokasinya ada di Desa Teluk Meranti, sebelah timur laut Pekanbaru.

Gelombang pasang surut (ombak) dikenal secara lokal sebagai “Bono”, yang bergegas dengan suara menderu keras pada kecepatan 40 kilometer per jam. Surfing di sungai bisa naik setinggi 4 sampai 6 meter.

Peselancar yang datang ke sini untuk pertama kalinya ke Kampar perlu tahu bahwa gelombang di sungai memiliki sifat yang berbeda daripada di laut terbuka. Karena kekuatan gelombang yang melaju, arus yang bergegas ke hulu akan menyebabkan gelombang dari kedua sisi kanan dan sisi kiri setelah memukul kedua tanggul sungai, di samping mengalir masuk langsung dari pusat muara sungai.

Sungai dan tepi diberitakan dihuni oleh buaya dan ular. Sementara buaya sebagian besar ditemukan di hulu, adalah bijaksana untuk berhati-hati dari predator ini ketika berselancar di sungai. Namun, ular kebanyakan tidak beracun, seperti boa dan Piton. Sebagai perjalanan ke Teluk Meranti biasanya melewati Pekanbaru, Anda dapat menemukan sejumlah atraksi di sekitar kota dan sekitarnya. Kegiatan lain yang menyenangkan untuk dilakukan ketika Anda tidak berselancar adalah menyewa sepeda motor dan menjelajahi pedesaan untuk menonton kegiatan desa.

18. Tempat Wisata Kuliner Sup Tunjang Tri Buana

Nah tidak lengkap rasanya kalau ke Pekanbaru tidak mampir untuk makan-makan, ada tempat makan yang terkenal yang bisa anda coba, salah satunya adalah Sup Tunjang . Lokasinya di kawasan Gor Tri Buana jalan Diponegoro, Pekanbaru. Porsinya super besar. Foto di atas itu 1/2 porsi.

Sup Tunjang Tri Buana ini bukanya hanya siang hari, dari jam 11, jadi targetnya adalah untuk mereka yang mencari makan siang. Sup tunjang disini adalah yang paling enak di Pekanbaru, jadi sangat sayang kalau kita lewatkan, selain sup tunjang anda juga bisa mencoba sup daging yang tidak kalah enaknya.

Nyam-nyam, bagaimana anda ingin mencoba sendiri? Langsung aja mampir dan makan-makan disini.

19. Tempat Makan yang Enak RM Baung 

Tempat makan yang enak di Pekanbaru selanjutnya adalah RM Ikan Baung, di kawasan Rumbai, kalo lagi cari makan siang coba deh melipir ke RM Baung ini. Letaknya di Jalan Sekolah ujung. Jadi kalo masuk ke jalan Sekolah dari arah Yos Sudarso, luruuuuuus aja terus sampe mentok ke pertigaan jalan Sembilang, nah posisi RM Baung ini ada di sebelah kanan.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat di atas? Kalau anda punya cerita dan pengalaman liburan di Pekanbaru, tidak ada salahnya juga kalau anda bagikan kepada kami, agar bisa kami bagikan juga kepada pembaca yang lainnya.

Blog, Updated at: 02.21

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.